RPS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM





SILABUS
PEMBELAJARAN QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GENAP 2017/2018


a.      Kode/Nama Mata Kuliah               :              /Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
b.      Satuan Kredit Semester                  : 3 (tiga) SKS
c.       Jumlah Jam Kuliah Seminggu       : 1 Kali
d.      Dosen                                                : Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.       Office                                                : Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.       Pesan/Konsultasi                              : email (anureel@yahoo.com)













SILABUS

Mata Kuliah                          : Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
Program Studi                       : Pendidikan Agama Islam
Kode MK/SKS                      : MKB 540/ 3
Tahun Akademik                  : 2017/2018

Standar Komptensi               : Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran secara efektif, kreatif, dan inovatif.

No
Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Pengalaman Belajar
Media/bahan
Evaluasi
Alokasi wkt
Referensi
1
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pembelajaran Qur’an Hadits

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Pengertian pembalajaran Al-Qur’an Hadist
b.      Tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.       Ruang lingkup pembelajaran Al-Qur’an Hadist




Sesuai kebutuhan



Proses



3x Pertemuan

2
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mendesain pembelajaran Quran Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif

-   SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist

Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Pengertian SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
b.      Isi  SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist 
c.       Analisis SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist





Proses



3x Pertemuan



-   Indikator dan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Pengertian indikator dan materi
b.      Rumusan dan pengembangan indikator pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.       Rumusan dan pemilihan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist





3
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengembangkan pembelajaran Quran Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif

-   Penggunaan PAKEM pada pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist MTs
Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Deskripsi lingkungan PAKEM
b.      Identifikasi jenis-jenis lingkungan belajar PAKEM
c.       Implementasi  PAKEM pada pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist

Sesuai kebutuhan

Proses

3x Pertemuan



-   Media pembe­lajaran Al-Qur’an Hadist

Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Pengertian Media pembelajaran  Al-Qur’an Hadist
b.      Jenis Media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.       langkah penyiapan media pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist
d.      Penggunaan media dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist







-   Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
a.       Pengertian RPP
b.      Prinsip-prinsip RPP
c.       Komponen-komponen RPP
d.      Langkah-langkah Menyusun RPP





4
UTS
-    



1X Pertemuan


5

Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengevaluasi pembelajaran Quran Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif

Penilaian berbasis kelas (PBK)
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Menjelaskan dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.       Pengertian penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
b.      Manfaat penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
c.       Fungsi penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
d.      Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
e.       Jenis-jenis penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist






Proses




3x pertemuan

6
UAS




1x Pertemuan








Keterangan:
  1. Nasar, 2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta, Grasindo
  2. Chabib Toha dkk, Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar
  3. Kurikulum al-Qur'an Hadits
  4. Kahaeruddin, Ahmad Abduh, 1925. Ushul al-Tarbiyah wa al-Ta'lim, ar-Rahmaniyah Mesir
  5. E. Mulyasa, 2006, Menjadi guru yang profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, 2006. Bandung Remaja Rosdakarya
  6. Permenag Nomor  2 Tahun 2008 Standar Kompetensi Lulusan DAN Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
  7. Tafsir, Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya.
  8. Susanto, 2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata Pena
  9. Buku mata pelajaran Al-qur’an Hadis MTs Kelas 1-3






Ambon,     September 2017
       Mengetahui,
Wakil Dekan I




Dr. Patma Sopamena, M. Pd

Ketua Jurusan PAI




Dr. Hj. St Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
Dosen




Nurhasanah, S. PdI, M. S. I
NIP. 198203202011012007













INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM





SAP
PEMBELAJARAN QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GENAP 2017/2018


a.      Kode/Nama Mata Kuliah               :              /Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
b.      Satuan Kredit Semester                  : 3 (tiga SKS
c.       Jumlah Jam Kuliah Seminggu       : 1 Kali
d.      Dosen                                                : Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.       Office                                                : Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.       Pesan/Konsultasi                              : email (anureel@yahoo.com)















SAP
(SATUAN ACARA PERKULIAHAN)

A.      Identitas
Nama matakuliah                       : Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
Kode matakuliah                        :
Bobot:                                          :  3 SKS
Sem/Program Studi/Kelas         : V (Lima) / Pendidikan Agama Islam/ A, B, C, D, E, F, dan G
Fakultas                                      : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Nama Dosen                               : Nur Hasanah, S. Pd. I, M. S. I

B.       Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan komponen mata kuliah perilaku berkarya. Mata Kuliah Perilaku Berkarya adalah kelompok kajian dan pelajaran yang bertujuan membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan mahasiswa dalam berkarya menurut tingkat keahlian  berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah ini diarahkan untuk membentuk kemampuan operasional sebagai guru/pendidik profesional. Bila dilihat dari tahapan-tahapannya, program pembelajaran itu dimulai dari kegiatan merencanakan pembelajaran, mendesain pembelajaran, mengembangkan pembelajaran dan kemudian melakukan evaluasi. Mata kuliah ini menggarap langkah-langkah dalam mendesain dan mengembangkan program pembelajaran. Karena itu mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendesain dan mengembangkan pembelajara dengan baik. Sebagai mata kuliah yang membentuk keterampilan (skill), mata kuliah ini juga diarahkan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk memerankan diri sebagai guru/pendidik di kelas dalam latihan-latihan pembejalaran Quran Hadits yang bersifat mikro.

C.    Kompetensi Matakuliah
Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran Quran Hadits untuk mengembangkan dan mendesain pembelajaran Quran Hadits

D.    Indikator Kompetensi
1.      Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pembelajaran Qur’an Hadits (pengertian, hakikat, tujuan dan manfaat)
2.      Mahasiswa dapat menguasai pendekatan pembelajaran Quran Hadits
3.      Mahasiswa dapat mendesain perencanaan pembelajaran Quran Hadits
4.      Mahasiswa dapat mengembangkan pembelajaran Quran Hadits
5.      Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai metode pembelajaran Quran Hadits
6.      Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai media pembelajaran Quran Hadits
7.      Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penilaian pembelajaran quran hadits yang berbasis kelas

E.     Materi
Materi pembelajaran Quran Hadits yang diberikan adalah:
Pert. ke
Materi
Kegiatan
Ket.
1
Pendahuluan
a.       Perkenalan
b.      Diskripsi mata kuliah
c.       Kontrak belajar 

2
Pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
d.      Pengertian pembalajaran Al-Qur’an Hadist
e.       Tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadist
f.       Ruang lingkup (pendekatan) pembelajaran Al-Qur’an Hadist

3
Lanjutan dari Materi  pertemuan ke 2
Penjelasan dan diskusi tentang:
Ruang lingkup (pendekatan) pembelajaran Quran Hadits

4
SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
d.      Pengertian SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
e.       Isi  SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist 
Analisis SKL, SK dan KD mata pelajaran QH

5
Indikator dan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
d.      Pengertian indikator dan materi
e.       Rumusan dan pengembangan indikator pembelajaran Al-Qur’an Hadist
f.       Rumusan dan pemilihan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist

6
Penggunaan PAKEM pada pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist MTs
Penjelasan dan diskusi tentang:
d.      Deskripsi lingkungan PAKEM
e.       Identifikasi jenis-jenis lingkungan belajar PAKEM
f.       Implementasi  PAKEM pada pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist

7
UTS


8
Media pembelajaran pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
e.       Pengertian Media pembelajaran  Al-Qur’an Hadist
f.       Jenis Media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
g.       langkah penyiapan media pembe­la­jaran Al-Qur’an Hadist
h.      Penggunaan media dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist

9
Penilaian berbasis kelas (PBK)
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
f.       Pengertian penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
g.       Manfaat penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
h.      Fungsi penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
i.        Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
j.        Jenis-jenis penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist

10
Lanjutan Materi
Membuat contoh PBK

11
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Al-Qur’an Hadist

Penjelasan dan diskusi tentang:
e.       Pengertian RPP
f.       Prinsip-prinsip RPP
g.       Komponen-komponen RPP
h.      Langkah-langkah Menyusun RPP

12
Evaluasi
Review Materi perkuliahan

13
Refleksi
Membagi tugas Individu

14
UAS



F.     Metode dan Strategi Perkuliahan
Dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan andragogi  (pembelajaran orang dewasa) yaitu dengan menggali pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, dalam strategi pembelajaran  menggunakan active learning yaitu memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam  proses perkuliahan.

G.    Evaluasi Perkuliahan
            Evaluasi hasil perkuliahan meliputi :
1.      Quis                                                     20%
2.      Ujian pertengahan semester                20%
3.      Ujian akhir semester                            30%
4.      Tugas individu                                    20%
5.      Tugas kelompok                                  10%
Jumlah                                                100%

H.    Buku Sumber 
1.      Nasar, 2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta, Grasindo
2.      Tafsir, Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya.
3.      Susanto, 2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata Pena
4.      Suwarna, dkk, Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006
5.      Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosda Karya
6.      Chabib Toha dkk, Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar


Ambon,     September 2017
       Mengetahui,
Wakil Dekan I




Dr. Patma Sopamena, M. Pd
Ketua Jurusan PAI




Dr. Hj. St Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
Dosen




Nurhasanah, S. PdI, M. S. I
NIP. 198203202011012007

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM





RPKS
PEMBELAJARAN QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GANJIL 2017/2018


a.      Kode/Nama Mata Kuliah               :              /Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
b.      Satuan Kredit Semester                  : 3 (tiga SKS
c.       Jumlah Jam Kuliah Seminggu       : 1 Kali
d.      Dosen                                                : Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.       Office                                                : Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.       Pesan/Konsultasi                              : email (anureel@yahoo.com)










RPKS
(RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER)

1.      Nama Matakuliah                 : Pembelajaran Qur’an Hadits I di MTs/SMP
2.      Kode Matakuliah/SKS         :              /3 SKS
3.      Prasyarat                               : -
4.      Status Matakuliah                 : Wajib

5.      Deskripsi singkat matakuliah

Mata Kuliah Pembelajaran Al-Qur’an Hadist memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam merancang, mendesain, melaksanakan, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran secara efektif, kreatif dan inovatif khususnya pada materi Alquran Hadits.

Pembelajaran dalam mata kuliah ini diberikan melalui metode yang berorientasi kepada student center learning dan active learning, dengan pencapaian pembelajaran perkuliahan melalui evaluasi tes dan non tes.

6.      Tujuan pembelajaran
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep tentang pembelajaran Alquran Hadits. Mata kuliah pembelajaran Qur’an hadits adalah untuk belajar bagaimana mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam mempersiapkan perangkat pembelajaran dari mulai mendesain, mengembangkan, melaksanakan (mengajar), dan mengevaluasi ketika menjadi guru, khususnya guru Qur’an Hadits di madrasah/PAI di sekolah. Dengan kata lain untuk bagaimana seorang guru dapat menyampaikan materi kepada anak didiknya.

7.      Capaian pembelajaran perkuliahan
Capaian pembelajaran perkuliahan matakuliah Pembelajaran Qur’an Hadits ini adalah :
a.       Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pembelajaran Qur’an Hadits
b.      Mahasiswa dapat menguasai pendekatan pembelajaran Quran Hadits
c.       Mahasiswa dapat mendesain perencanaan pembelajaran Quran Hadits
d.      Mahasiswa dapat mengembangkan pembelajaran Quran Hadits
e.       Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai metode pembelajaran Quran Hadits
f.       Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai media pembelajaran Quran Hadits
g.      Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penilaian pembelajaran quran hadits yang berbasis kelas

8.      Materi pembelajaran Quran Hadits
Materi pembelajaran pada mata kuliah pembelajaran Quran Hadits ini terdiri dari :
b.      Konsep pembelajaran Quran Hadits (pengertian, tujuan, dan pendekatan pembelajaran Quran Hadits)
c.       Metode dari pendekatan pembelajaran Qur’an Hadits
d.      Media yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran Quran Hadits
e.       Penilaian berbasis kelas
f.       Desain pembelajaran Quran Hadits
g.      Penyusunan RPP
9.      Evaluasi yang direncanakan
Quis, Tugas mandiri, Tugas kelompok, Ujian tengah semester, dan Ujian akhir semester

10.  Bahan, sumber rujukan dan informasi
a.       Nasar, 2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta, Grasindo
b.      E. Mulyasa, 2006, Menjadi guru yang profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, 2006. Bandung Remaja Rosdakarya
c.       Permenag Nomor  2 Tahun 2008 Standar Kompetensi Lulusan DAN Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
d.      Tafsir, Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya.
e.       Susanto, 2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata Pena
f.       Suwarna, dkk, Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006
g.      Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosda Karya
h.      Thomas Gordon, Guru yang Efektif, Jakarta: Rajawali Pers
i.        Chabib Toha dkk, Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar
j.        Kurikulum al-Qur'an Hadits
k.      Kahaeruddin, Ahmad Abduh, 1925. Ushul al-Tarbiyah wa al-Ta'lim, ar-Rahmaniyah Mesir
l.        Buku mata pelajaran Al-qur’an Hadis MTS kelas 1-3.






Ambon,     September 2017
       Mengetahui,
Wakil Dekan I




Dr. Patma Sopamena, M. Pd
NIP.
Ketua Jurusan PAI




Dr. Hj. St Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
Dosen


KDFDJINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AMBON  J 

Nurhasanah, S. PdI, M. S. I
NIP. 198203202011012007


J

Komentar

  1. Wynn Las Vegas Casino - DRMCD
    Wynn Las Vegas Casino 강릉 출장마사지 · Wynn Las Vegas Casino · Wynn Resort 순천 출장샵 Spa 통영 출장안마 and 강원도 출장마사지 Spa · 파주 출장마사지 Wynn Tower Suite Salon · Encore Tower Suite King · Encore Panoramic View King.

    BalasHapus

Posting Komentar