RPS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS
FAKULTAS ILMU
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SILABUS
PEMBELAJARAN
QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GENAP
2017/2018
a.
Kode/Nama
Mata Kuliah : /Pembelajaran Quran Hadits I di
MTs/SMP
b.
Satuan
Kredit Semester : 3
(tiga) SKS
c.
Jumlah
Jam Kuliah Seminggu : 1 Kali
d.
Dosen
:
Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.
Office
:
Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.
Pesan/Konsultasi
: email
(anureel@yahoo.com)
SILABUS
Mata Kuliah : Pembelajaran Quran Hadits I di
MTs/SMP
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Kode MK/SKS : MKB 540/ 3
Tahun Akademik : 2017/2018
Standar
Komptensi : Mahasiswa mampu merancang
dan mengembangkan pembelajaran secara efektif, kreatif, dan inovatif.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Pengalaman Belajar
|
Media/bahan
|
Evaluasi
|
Alokasi wkt
|
Referensi
|
1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pembelajaran Qur’an Hadits
|
Pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Menjelaskan
dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Pengertian
pembalajaran Al-Qur’an Hadist
b.
Tujuan
pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.
Ruang lingkup
pembelajaran Al-Qur’an
Hadist
|
Sesuai kebutuhan
|
Proses
|
3x Pertemuan
|
|
2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mendesain pembelajaran Quran
Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif
|
-
SKL, SK dan
KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Menjelaskan
dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Pengertian
SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
b.
Isi SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist
c.
Analisis SKL,
SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
Proses
|
3x Pertemuan
|
|
|
|
-
Indikator dan
materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Menjelaskan
dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Pengertian
indikator dan materi
b.
Rumusan dan
pengembangan indikator pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.
Rumusan dan
pemilihan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
|
|
|
3
|
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengembangkan pembelajaran Quran
Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif
|
- Penggunaan PAKEM pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist MTs
|
Menjelaskan
dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Deskripsi
lingkungan PAKEM
b.
Identifikasi
jenis-jenis lingkungan belajar PAKEM
c.
Implementasi PAKEM pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Sesuai kebutuhan
|
Proses
|
3x Pertemuan
|
|
|
|
-
Media pembelajaran
Al-Qur’an Hadist
|
Menjelaskan
dan mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Pengertian
Media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
b.
Jenis Media
pembelajaran Al-Qur’an Hadist
c.
langkah
penyiapan media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
d.
Penggunaan
media dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
|
|
|
|
|
-
Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Al-Qur’an Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
a.
Pengertian
RPP
b.
Prinsip-prinsip
RPP
c.
Komponen-komponen
RPP
d.
Langkah-langkah
Menyusun RPP
|
|
|
|
|
4
|
UTS
|
-
|
|
|
|
1X Pertemuan
|
|
5
|
Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengevaluasi pembelajaran Quran
Hadits secara efektif, kreatif dan inovatif
|
Penilaian berbasis kelas (PBK)
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Menjelaskan dan
mendiskusikan diskusi tentang:
a.
Pengertian
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
b.
Manfaat
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
c.
Fungsi
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
d.
Prinsip-prinsip
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
e.
Jenis-jenis
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
|
|
Proses
|
3x pertemuan
|
|
6
|
UAS
|
|
|
|
|
1x Pertemuan
|
|
Keterangan:
- Nasar,
2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta,
Grasindo
- Chabib
Toha dkk, Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar
- Kurikulum
al-Qur'an Hadits
- Kahaeruddin,
Ahmad Abduh, 1925. Ushul al-Tarbiyah wa al-Ta'lim, ar-Rahmaniyah
Mesir
- E.
Mulyasa, 2006, Menjadi guru yang profesional, menciptakan pembelajaran
kreatif dan menyenangkan, 2006. Bandung Remaja Rosdakarya
- Permenag
Nomor 2 Tahun 2008 Standar
Kompetensi Lulusan DAN Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
di Madrasah
- Tafsir,
Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya.
- Susanto,
2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata
Pena
- Buku
mata pelajaran Al-qur’an Hadis MTs Kelas 1-3
Ambon, September 2017
Mengetahui,
Wakil Dekan I
Dr. Patma
Sopamena, M. Pd
|
Ketua Jurusan
PAI
Dr. Hj. St
Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
|
Dosen
Nurhasanah,
S. PdI, M. S. I
NIP.
198203202011012007
|
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI AMBON
FAKULTAS ILMU
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SAP
PEMBELAJARAN
QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GENAP
2017/2018
a.
Kode/Nama
Mata Kuliah : /Pembelajaran Quran Hadits I di
MTs/SMP
b.
Satuan
Kredit Semester : 3 (tiga
SKS
c.
Jumlah
Jam Kuliah Seminggu : 1 Kali
d.
Dosen
:
Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.
Office
:
Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.
Pesan/Konsultasi
: email
(anureel@yahoo.com)
SAP
(SATUAN
ACARA PERKULIAHAN)
A. Identitas
Nama matakuliah : Pembelajaran Quran Hadits I di MTs/SMP
Kode matakuliah :
Bobot: : 3 SKS
Sem/Program Studi/Kelas : V (Lima) / Pendidikan Agama Islam/ A,
B, C, D, E, F, dan G
Fakultas
:
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Nama Dosen :
Nur Hasanah, S. Pd. I, M. S. I
B. Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan komponen mata kuliah perilaku berkarya.
Mata Kuliah Perilaku Berkarya adalah kelompok kajian dan pelajaran yang
bertujuan membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan mahasiswa dalam berkarya
menurut tingkat keahlian berdasarkan
ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah ini diarahkan untuk membentuk
kemampuan operasional sebagai guru/pendidik profesional. Bila dilihat dari
tahapan-tahapannya, program pembelajaran itu dimulai dari kegiatan merencanakan
pembelajaran, mendesain pembelajaran, mengembangkan pembelajaran dan kemudian
melakukan evaluasi. Mata kuliah ini menggarap langkah-langkah dalam mendesain
dan mengembangkan program pembelajaran. Karena itu mahasiswa diharapkan
memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendesain dan
mengembangkan pembelajara dengan baik. Sebagai mata kuliah yang membentuk
keterampilan (skill), mata kuliah ini juga diarahkan untuk memberikan
pengalaman nyata kepada mahasiswa untuk memerankan diri sebagai guru/pendidik
di kelas dalam latihan-latihan pembejalaran Quran Hadits yang bersifat mikro.
C.
Kompetensi Matakuliah
Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran Quran Hadits untuk
mengembangkan dan mendesain pembelajaran Quran Hadits
D.
Indikator Kompetensi
1. Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep pembelajaran Qur’an Hadits (pengertian, hakikat,
tujuan dan manfaat)
2. Mahasiswa
dapat menguasai pendekatan pembelajaran Quran Hadits
3. Mahasiswa
dapat mendesain perencanaan pembelajaran Quran Hadits
4. Mahasiswa
dapat mengembangkan pembelajaran Quran Hadits
5. Mahasiswa
dapat menjelaskan mengenai metode pembelajaran Quran Hadits
6. Mahasiswa
dapat menjelaskan mengenai media pembelajaran Quran Hadits
7. Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep penilaian pembelajaran quran hadits yang berbasis
kelas
E.
Materi
Materi pembelajaran Quran
Hadits yang diberikan adalah:
Pert. ke
|
Materi
|
Kegiatan
|
Ket.
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Perkenalan
b.
Diskripsi
mata kuliah
c.
Kontrak
belajar
|
|
2
|
Pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Penjelasan
dan diskusi tentang:
d.
Pengertian
pembalajaran Al-Qur’an Hadist
e.
Tujuan
pembelajaran Al-Qur’an Hadist
f.
Ruang lingkup
(pendekatan) pembelajaran Al-Qur’an
Hadist
|
|
3
|
Lanjutan dari Materi
pertemuan ke 2
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
Ruang lingkup (pendekatan) pembelajaran Quran Hadits
|
|
4
|
SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
d.
Pengertian
SKL, SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an Hadist
e.
Isi SK dan KD mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist
Analisis SKL,
SK dan KD mata pelajaran QH
|
|
5
|
Indikator dan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
d.
Pengertian
indikator dan materi
e.
Rumusan dan
pengembangan indikator pembelajaran Al-Qur’an Hadist
f.
Rumusan dan
pemilihan materi pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
6
|
Penggunaan PAKEM pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist MTs
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
d.
Deskripsi
lingkungan PAKEM
e.
Identifikasi
jenis-jenis lingkungan belajar PAKEM
f.
Implementasi PAKEM pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
7
|
UTS
|
|
|
8
|
Media pembelajaran pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
e.
Pengertian
Media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
f.
Jenis Media
pembelajaran Al-Qur’an Hadist
g.
langkah
penyiapan media pembelajaran Al-Qur’an Hadist
h.
Penggunaan
media dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
|
9
|
Penilaian berbasis kelas (PBK)
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
f.
Pengertian
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
g.
Manfaat
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
h.
Fungsi
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
i.
Prinsip-prinsip
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
j.
Jenis-jenis
penilaian berbasis kelas Al-Qur’an Hadist
|
|
10
|
Lanjutan
Materi
|
Membuat
contoh PBK
|
|
11
|
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Al-Qur’an
Hadist
|
Penjelasan dan diskusi tentang:
e.
Pengertian
RPP
f.
Prinsip-prinsip
RPP
g.
Komponen-komponen
RPP
h.
Langkah-langkah
Menyusun RPP
|
|
12
|
Evaluasi
|
Review Materi
perkuliahan
|
|
13
|
Refleksi
|
Membagi tugas Individu
|
|
14
|
UAS
|
|
|
F.
Metode dan Strategi Perkuliahan
Dalam proses pembelajaran
menggunakan pendekatan andragogi (pembelajaran orang dewasa) yaitu dengan
menggali pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, dalam strategi
pembelajaran menggunakan active
learning yaitu memungkinkan mahasiswa
berperan aktif dalam proses perkuliahan.
G.
Evaluasi Perkuliahan
Evaluasi hasil perkuliahan meliputi :
1.
Quis 20%
2.
Ujian
pertengahan semester 20%
3.
Ujian
akhir semester 30%
4.
Tugas
individu 20%
5.
Tugas
kelompok 10%
Jumlah 100%
H.
Buku Sumber
1.
Nasar, 2006, Merancang
Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta, Grasindo
2. Tafsir,
Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja
Rosdakarya.
3. Susanto,
2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata Pena
4.
Suwarna, dkk, Pengajaran
Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional, Yogyakarta:
Tiara Wacana, 2006
5. Moh.
Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosda Karya
6. Chabib
Toha dkk, Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar
Ambon, September 2017
Mengetahui,
Wakil Dekan I
Dr. Patma Sopamena,
M. Pd
|
Ketua Jurusan
PAI
Dr. Hj. St
Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
|
Dosen
Nurhasanah,
S. PdI, M. S. I
NIP.
198203202011012007
|
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI AMBON
FAKULTAS ILMU
TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
RPKS
PEMBELAJARAN
QURAN HADITS I DI MTS/SMP
SEMESTER GANJIL
2017/2018
a.
Kode/Nama Mata Kuliah : /Pembelajaran Quran Hadits I di
MTs/SMP
b.
Satuan Kredit Semester :
3 (tiga SKS
c.
Jumlah Jam Kuliah Seminggu :
1 Kali
d.
Dosen :
Nurhasanah, S. Pd. I, M. S. I
e.
Office :
Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam
f.
Pesan/Konsultasi :
email (anureel@yahoo.com)
RPKS
(RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER)
1. Nama Matakuliah : Pembelajaran Qur’an Hadits I
di MTs/SMP
2. Kode
Matakuliah/SKS : /3 SKS
3. Prasyarat : -
4. Status
Matakuliah : Wajib
5. Deskripsi
singkat matakuliah
Mata Kuliah Pembelajaran Al-Qur’an
Hadist
memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam merancang, mendesain,
melaksanakan, mengembangkan dan
mengevaluasi
pembelajaran secara efektif, kreatif dan inovatif khususnya pada materi Alquran Hadits.
Pembelajaran
dalam mata kuliah ini diberikan melalui metode yang berorientasi kepada student center learning dan active learning, dengan pencapaian
pembelajaran perkuliahan melalui evaluasi tes dan non tes.
6. Tujuan
pembelajaran
Mata
kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep tentang pembelajaran
Alquran Hadits. Mata kuliah pembelajaran Qur’an hadits adalah untuk
belajar bagaimana mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam mempersiapkan
perangkat pembelajaran dari mulai mendesain, mengembangkan, melaksanakan
(mengajar), dan mengevaluasi ketika menjadi guru, khususnya guru Qur’an Hadits
di madrasah/PAI di sekolah. Dengan kata lain untuk bagaimana seorang guru dapat
menyampaikan materi kepada anak didiknya.
7. Capaian
pembelajaran perkuliahan
Capaian
pembelajaran perkuliahan matakuliah Pembelajaran Qur’an Hadits ini adalah :
a. Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep pembelajaran Qur’an Hadits
b.
Mahasiswa dapat
menguasai pendekatan pembelajaran Quran Hadits
c.
Mahasiswa dapat
mendesain perencanaan pembelajaran Quran Hadits
d.
Mahasiswa dapat
mengembangkan pembelajaran Quran Hadits
e.
Mahasiswa dapat
menjelaskan mengenai metode pembelajaran Quran Hadits
f.
Mahasiswa dapat
menjelaskan mengenai media pembelajaran Quran Hadits
g.
Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep penilaian pembelajaran quran hadits yang berbasis kelas
8. Materi
pembelajaran Quran Hadits
Materi
pembelajaran pada mata kuliah pembelajaran Quran Hadits ini terdiri dari :
b. Konsep
pembelajaran Quran Hadits (pengertian, tujuan, dan pendekatan pembelajaran
Quran Hadits)
c. Metode
dari pendekatan pembelajaran Qur’an Hadits
d. Media
yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran Quran Hadits
e. Penilaian
berbasis kelas
f. Desain
pembelajaran Quran Hadits
g. Penyusunan
RPP
9. Evaluasi yang
direncanakan
Quis,
Tugas mandiri, Tugas kelompok, Ujian tengah semester, dan Ujian akhir semester
10. Bahan, sumber
rujukan dan informasi
a. Nasar,
2006, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual, Jakarta, Grasindo
b. E.
Mulyasa, 2006, Menjadi guru yang profesional, menciptakan pembelajaran
kreatif dan menyenangkan, 2006. Bandung Remaja Rosdakarya
c. Permenag
Nomor 2 Tahun 2008 Standar Kompetensi
Lulusan DAN Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
d. Tafsir,
Ahmad, 1996 Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, Remaja
Rosdakarya.
e. Susanto,
2008, Penyusunan Silabus dan RPP berbasis Visi KTSP,surabaya, Mata Pena
f. Suwarna,
dkk, Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional,
Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006
g. Moh.
Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosda Karya
h. Thomas
Gordon, Guru yang Efektif, Jakarta: Rajawali Pers
i.
Chabib Toha dkk,
Metodologi Pembelajaran Agama, Semarang, Pustaka Pelajar
j.
Kurikulum
al-Qur'an Hadits
k. Kahaeruddin,
Ahmad Abduh, 1925. Ushul al-Tarbiyah wa al-Ta'lim, ar-Rahmaniyah Mesir
l.
Buku mata
pelajaran Al-qur’an Hadis MTS kelas 1-3.
Ambon, September 2017
Mengetahui,
Wakil Dekan I
Dr. Patma
Sopamena, M. Pd
NIP.
|
Ketua Jurusan
PAI
Dr. Hj. St
Jumaeda, M. Pd. I
197712062005012006
|
Dosen
![]() ![]() ![]() ![]()
Nurhasanah,
S. PdI, M. S. I
NIP.
198203202011012007
|
Wynn Las Vegas Casino - DRMCD
BalasHapusWynn Las Vegas Casino 강릉 출장마사지 · Wynn Las Vegas Casino · Wynn Resort 순천 출장샵 Spa 통영 출장안마 and 강원도 출장마사지 Spa · 파주 출장마사지 Wynn Tower Suite Salon · Encore Tower Suite King · Encore Panoramic View King.